Selasa, 27 September 2011

Coba - coba membikin user, group, serta file dengan hak aksesnya di linux...

Untuk membuat atau menambahkan user account, group juga file di linux secara manual sebenarnya mudah-mudah saja, tetapi kalo ditanya dengan menggunakan script beserta terminal??? apakah kita yakin masih bisa mengatakan hal yang sama? Untuk itu, saya akan mencoba membantu anda dengan menyampaikan tutorial singkat tentang cara membuat atau menambahkan user account, group, hingga file beserta hak aksesnya dengan script melalui terminal.

Cara membuat/menambahkan user account pada linux :

Pertama-tama yang kita lakukan adalah masuk ke terminal, lalu ketik sudo adduser [nama user yang diinginkan], lalu tekan enter
Setelah itu tunggu proses sampai muncul
Enter new UNIX password : (masukkan password yang anda inginkan)
Retype new UNIX password : (masukkan kembali password yang anda). Kemudian tekan enter terus sampai muncul is the information correct? [Y/n], lalu ketik Y


Lakukan hal yang sama jika ingin menambahkan user account sesuai jumlah yang dibutuhkan.


Cara membuat/menambahkan file pada masing2 user :

Langkah awal kita harus login ke user ditempat kita akan membuat file tersebut. Login user bisa dengan menggunakan script dengan mengetik sudo login [nama user] pada terminal atau menggunakan cara manual.

Setelah itu ketik touch [nama file].txt pada terminal, lalu enter. Lakukan sesuai jumlah file yang diinginkan. Jika file yang ditambahkan sudah merasa cukup, ketik ls –li untuk menampilkan/mencekfile yg telah dibuat.



Untuk memberikan hak akses, ketik chmod [angka oktal] [nama file].txt
Contoh chmod 377 file1.txt
Lakukan sampai beberapa file ingin kita rubah hak aksesnya.



Cara membuat/menambahkan group :

Langkah awal sebelum membuat group adalah masuk ke terminal, lalu ketik sudo groupadd [namagroup], tekan enter. Lakukan sebanyak jumlah group yang diinginkan.



Untuk memasukkan user account pada group yang telah dibuat, ketik sudo adduser [namauser] [namagroup]. Lakukan sebanyak user yang akan kita masukkan ke group.



Jika kita ingin melihat hasil user yang sudah dimasukkan ke dalam group maka ketik cat /etc/group sehingga akan tampil :



Selamat mencoba teman-teman... ^^v

2 komentar: