Rabu, 07 September 2011

Perilaku Keorganisasian pertemuan 1

Setiap individu disaran untuk sering mengikuti berbagai organisasi yang ada di lingkungannya masing-masing. Mengapa demikian ? Hal ini karena dengan berorganisasi kita dapat saling bertukar pikiran sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal, selain itu dengan berorganisasi kita juga dapat menambah jejaring. Namun pengertian organisasi sebenarnya itu apa sih?


Organisasi adalah unit kerja yang terkoordinir secara sadar, yang terdiri dari 3 orang, yang saling berhubungan agar mencapai tujuan yang sama, sehingga dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai secara individu.

Didalam berorganisasi, kita juga harus pandai-pandai dalam menjaga sikap agar dapat secara maksimal menjalankan peran kita sesuai dengan jabatan yang telah kita terima. Perilaku keorganisasi merupakan bidang studi yang mempelajari tentang dampak perilaku individu, kelompok, dan struktur terhadap kinerja organisasi.

Ada beberapa tantangan serta peluang perilaku organisasi yang biasa kita temui dikehidupan sehari-hari, diantaranya :
- Keanekaragaman tenaga kerja
* pimpinan manajemen organisasi harus mengubah cara mereka dalam memeperlakukan tenaga kerjanya.
* perbedaan apabila dikelola dengan baik akan meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam organisasi, serta memberikan pandangan yang luas dalam mengambil keputusan.
- Menurunnya kesetiaan
* untuk menjaga kesetiaan, antar individu harus saling memotivasi
- Kekurangan tenaga kerja
- Kekurangan ketrampilan

Kontribusi disiplin ilmu lain
Ilmu yang mendukung, diantaranya :
* Sosiologi
* Psikologi
* Antropologi
* Ilmu politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar