Minggu, 28 November 2010

Contoh - contoh website B2B, B2C, B2G, C2C, dan M - commerce

Di dalam E-commerce ada beberapa bagian diantaranya B2B, B2C, B2G, dan C2C. Dan kali ini, saya akan memeberikan beberapa contoh website dari B2B, B2C, B2G, dan C2C.

a. B2B
adalah transaksi antar perusahaan yang menggunakan EDI dan email untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis, selain itu juga untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan konsultasi.

contoh website-nya :
ALIBABA (alibaba.com)
EC PlAZA (ecplaza.net)
ECROBOT (ecrobot.com)
EC 21 (ec21.net)
FOREIGN-TRADE (foreign-trade.com)

b. B2C
adalah transaksi dengan menggunakan internet dimana transaksi ini termasuk penjualan dengan pembeli individu ,karakter yang paling singnifikan dari b2c adalah kemampuan untuk menciptakan hubungan langsung dengan konsumen tanpa melibatkan medium (perantara) seperti distributor, pedagang grosir.

contoh website-nya :
AMAZON (amazon.com)
EBAY (ebay.com)

c. C2C
adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

contoh website-nya :
ELVINMIRADI (elvinmiradi)

d. B2G

e. m-commer
adalah Perdagangan melewati media telekomunikasi bergerak seperti Telepon selular WAP atau PDA nirkabel, WID, WED, atau mobile computer.

f. e-commerce
adalah Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

contoh website-nya :
TRADEWORLD (tradeworld
BHINEKA (bhineka
FASTNCHEAP (fastncheap

5 komentar: