Senin, 14 Februari 2011

Sistem basis data (1)

Basis data (database) yang hakikatnya adalah computerized record keeping system, merupakan kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.Dengan menggunakan basis data, para user dapat :
- membuat file baru ke basisdata
- menambahkan data baru
- menampilkan isi file
- mengubah data dalam file
- serta, menghapus file

Sebuah basisdata dioperasikan di atas SPBD (Sistem Pengolahan BasisData)yang pada dasarnya adalah sebuah mesin semu (virtual machine) yang dapat mendefinisikan tipe-tipe (data), operasi-operasi (yang terkait dengan tipe-tipe tersebut), nilai-nilai, dan aturan perubahan nilai objek-objek sesuai dengan tipe setiap objek. Hal inilah yang membedakan antara Basis Data dengan Sistem Pengolahan BasisData (SPBD)

Data dependence adalah ketergantungan terhadap struktur data karena memang demikian adanya. Yang tergantung kepada (perubahan) struktur data ini adalah aplikasi atau program. Sehingga secara tidak langsung terdapat kaitan antara data-structure depence dengan data-(structure) dependent application. Ciri-ciri dari data-structure dependent application sendiri diantaranya :
- perubahan struktur datanya selalu bersifat fisik,
- selalu harus berubah jika ada perubahan struktur data,
- teknik aksesnya dinyatakan secara eksplisit

Data independence atau yang sering disebut data-structure indepence adalah ketidakgantungan terhadap struktur data karena memang demikian adanya. Aplikasi relatif tidak tergantung pada (perubahan) struktur data. Ide dasar data-structure independece berlaku untuk semua SPBD. Maka dari itu data independence ini memiliki ciri-ciri yakni perubahannya bersifat lojik dan teknik aksesnya dinyatakan secara implisit.

Biasanya kita tidak mudah menentukan apakah suatu SPBD bersifat data-structure dependence atau data -struture independence. Hal ini dikarenakan :
- Dokumen SPBD tidak selalu eksplisit menyebutkan kapan suatu perubahan dianggap lojikal dan fisikal
- serta, sangat banyak variasi operasi perubahan terhadap data.

Oleh karena itu diperlukan kajian seksama terhadap produk=produk SPBD untuk mentabulasi independence suatu SPBD terhadap SPBD lainnya sebab sangat banyaknya variasi operasi perubahan terhadap basisdata dan data juga terkait dengan banyaknya variasi implementasi basisdata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar